Senin, 15 Oktober 2012

Konfigurasi Dolphin Emulator/Wii Emulator

Assalamualaikum Wr.Wb

Hai sob, kali ini ane mau share tentang konfigurasi emulator dolphin atau yang kita tahu emulator Nintendo GC/Wii. Mungkin ada diantara sobat-sobat semua yang sulit sekali memainkan game cube atau wii ini dengan lancar atau menemui masalah-masalah lain saat bermain, nah bisa jadi konfigurasi sobat belum tetap atau tidak cocok, untuk itu mari kita simak sama-sama di bawah ini. Yukk..

System Requirement :
  • Dolphin makes use of two processors if present!
  • Windows XP or higher, or Linux, or MacOSX Intel.
  • Fast CPU with SSE2.
  • GPU with Pixel Shader 2.0 or greater. Not allintegrated graphics chips work.



Konfigurasi General : 

  • Enable dual core Pastikan aktif jika menggunakancpu multicore, big speedup
  • Idle skipping : Pastikan aktif, ini fungsinya untukskip instruksi idle emulasi wii, another big speedup. kecil banget kemungkinanbikin masalah, hanya disable kalau memang game yang dimaenin perlu ini mati
  • Enable cheat : Tidak ada hubunga ama performa, cumamasalah cheat gamenya saja. tapi perlu diperhatikan, enable cheat memilikikemungkinan besar bikin problem di kompabilitas atau glitch
  • Framerate Pengaturan framerate rendering. defaultsih auto. oh ya, framerate disini maksudnya renderingnya bukan masalahditampilkan ke display, secara default nanti tampil ke display tetep 60 frame(ntar pake istilah virtual inetrupt per second). game2 wii framerate rendermacam2, ada yang 25 fps / 50 fps untuk game2 PAL, dan 30 fps / 60 fps untukNTSC. bagusnya set ini manual ke 60 karena terkadang di set ke auto ada beberapa game bermasalah (terlalu lambat,kadang terlalu cepat), terutama game yang render asilnya 30 fps/25 fps dan ditampilkandengan 60 vps. seperti new super mario, ini game jadi slow motion so setseperti gini aja deh
  • Advanced setting : Biarkan default seperti inisaja, pilih metode emulasi. rekomendasi memang pake JIT ( Just In Timerecompiler) yang emang cepet sebagai info tambahan aja, itepreter meruapakantranslate code game ke bahasa yang dinegrtiin pc, lalu diekekusi. kalorecompiler, compile code game trus eksekusi. lengkapnay cek wikipedia aja ya
  • Lock threads to cores : Mengunci tiap thread proseshanya dengan 1 core spesifik. bisa jadi mempercepat, bisa juga memperlambat,tergantung game hardware. sebaiknya matiin aja, atau silahkan bereksperimen
  • DSPLLE on threads : Hanya berhubungan kalau pakaiplusin DSP LLE, ntar DSP bakal pake thread khusus, peningkatan performa dikittapi sync audio jadi jelek dan ada skip. disable aja, lagian plugin DSP enakanyang HLE

Konfigurasi Plugin :

  • Graphic : Pilihan untuk plugin grafis yang akandigunakan. terdapat beberapa pilihan secara default. pilih salah satu pluginyang sesuai dengan limitasi OS dan hardware kamu. untuk linux otomatis cumanbisa make openGL dan software renderer, sedangkan windows bisa memilih opsidirectX selain 2 opsi diatas. plugin directX untuk dilphin cenderung lebihcepat, jadi jika memungkinkan, pilih pugin ini. biasanya hanya beberapa game tertentuyang berjalan lebih baik menggunakan openGL. untuk directX terdapat pilihanDX11 dan DX9, gunakan DX11 jika gpu mendukungnya. terakhir sih plugin DX9 masihlebih advance dibandingkan perkembangan plugin untuk DX11, tapi dah agak lamajuga, jadi silahkan bereksperimen sendiri dengan DX11. ku ga bisa nyoba, GPU laptopkucuman DX10 : perlu diperhatikan, untuk plugin openGL, memerlukan GPU dengandukungan openGL 2.x
  • DSP : Plugin yang mengurusi masalah suara. silahkanpilih yang sesuai. secara umum DSPHLE udah bagus. DSPLLE memerlukan dump romDSP dari wii

Konfigurasi Display :

  • Fullscreen : Resolusi maen full screen, disinilahenaknya emulator wii beneran cuman 480p, disini mau main sampai 1080 pun bisa,dengan catatan hardware kuat dan maen resolusi tinggi dna native layar tentulebih cantik dan tajam, tapi perhatikan GPU kamu yah, kalo ga kuat, ga usah dipaksa
  • Window size : Ukuran display kalo maenwindowed/non-full. ga terlalu pakem sih, karena kalo ukuran windows di ubah2,setting ini ikut berubah juga
  • Enable progressive scan : Terkadang perlu untukmemaksa render game dalam mode progressive, bakal kena penalti, tapi cenderungga diperlukan
  • Use panic handlers : Menampilkan pesan error dalampopup kalau emu dapat error

Konfigurasi Graphic General :


Di bawah ini adalah tampilan untuk plugin DirectX9. Untuk plugin lain kemungkinan ada beberapa yang tidak aktif. 
  • Adapter : Sepertinya sudah cukup jelas, pilih GPUyang digunakan untuk proses rendering. kalau cuma ada 1 GPU aktif/nancap sihpilihan ya cuman 1 aja, kalo ada yang lebih, bisa pilih GPU yang akan digunakanuntuk dolphin
  • Aspect ratio : Aspek rasio output, lebih baikbiarin di auto saja
  • Widescreen hack : Memperluas FOV game2 3D yangsebenarnya ga make format widescreen, terutama untuk maen game gamecube dilayar wide. sebaiknya off aja, kadang bikin display yang kacau di area yangdiperlebar
  • V-sync : GPU bakal nunggu image selesai ditampilkanpenuh sebelum ngirim image baru ke display. fungsi utama untuk ngilangintearing. kalo gpu atau setting laen bikin dolphin ga bisa render image sesuaifrekuensi layar, setting ini justru bisa bikin lambat. biarin off aja dulu,kalo emang terjadi tearing, baru coba aktifkan
  • Anisotropic filtering : Pakai filter aniso untuktexture, terutama untuk texture yang makin jauh. sebaiknya aktifin aja, tohpenalti aniso kecil banget ko’ (kalo pake discrete GPU)
  • Anti-aliasing : Dolphin make SSAA, aliassuper-sampling Anti-aliasing. jadi dolphi ngerender frame pada reoslusibeberapa kali (sesuai setting) resolusi yang ada di pengaturan resolusi.setelah itu dikecilin ke target reoslusi yang diatur user. hal ini dimaksudkanuntuk menghiangkan jaggies dan memperhalus image. saranku, kalo GPU kamu bagus,ga ada salahnay diaktifkan, kalo ngga, mending off aja. pake setting laen ajauntuk maen sesuai resolusi native layar, juga udah mayan alus ko’. sebagaicatatan, kalo pake SSAA 4 kali, untuk setting 1280×720 berarti image akan dirender di resollusi 4x 720p. penalti performance terlalu berat untuk gpu lowend
  • Load native mipmaps : Game akan menggunakan texturemipmaps native. beberapa efek memerlukan opsi ini nyala, jadi biarin aja. tapibisa juag didisable untuk sedikit performance boost, cuman ga terlalu worth,dan bisa bikin efek bersangkutan tidak keluar
  • EFB scaled copy : Scale EFB ke resolusi yang lebihtinggi. detail bisa diatur lagi pake opsi EFB scale. biarin ini aktif, pentinguntuk maen game wii agar lebih bening di resolusi yang jauh diatas resolusinative wii (480p)
  • Pixel lighting : Perhitungan pencahayaan dilakukanper-pixel dan bukan per-vexel. hasil menjadi lebih akurat, tapi ada performancehit
  • Force bi/trilinear filtering Memaksa filtering.berguna meningkatkan game2 2D atau yang make bakground pre-rendered. bisa bikinglitch untuk game2 laen, ga terlalu worth untuk diaktifin
  • EFB scale : Scale efb (embedded frame buffer) keresolusi yang lebih tinggi. bikin game jadi lebih “bening” dengan maen diresolusi lebih tinggi. bisa di set manual (1x, 2x, 3x). makin tinggi settingresolusi, makin besar juga yang diperlukan di setting ini. integral akan secaraotomatis mengatur nilai menjadi 1x 2x atau 3x berdasarkan setting resolusi.Fractional akan mengatur ke nilai yang lebih presisi (misal 2.3048950359)berdasarkan resolusi yang sedang dipakai untuk mendapatkan scaling yangsempurna (dibandingkan resolusi native game/wii). performance hit opsi iniberbanding lurus dengan nilai setting, makin besar setting, makin besar jugaperformance hit. jadi sesuaikan dengan GPU kamu yah :) kalo GPU kuat dan pengenmaen di 1080p, setting tinggi (atau ku rekomendasi ke integral/fractional aja)biar gaming jadi lebih halus dan bening, berasa Wii HD dah. kalo ga kuat, setke 1x aja juga gpp, kalo maen di resolusi gede pake setting 1x jadi berasa kekmaen wii beneran di TV LCD/LED yang gede, rada2 blurry gitu. ini ada gambaruntuk kira2 perbandingannya. kalo ku pake integral (kanan) dan 1x (kiri),keduanya maen di kira2 resolusi 720p (ga fix karena aku maximise aja di layarlaptop)
  • Enable EFB รจ CPU access Mengijinkan CPU mengakses EFB. diperlukan untuk beberapa game, kek super mariogalaxy yang memerlukan ini untuk ngambil bintang pake pointer/wiimote. adasedikit performance hit jika diaktifkan. sesuaikan dengan kemampuan hardware,biarin nyala kalo hardware kuat
  • Emulate format change : Data akan diintepretasiulang jika formal berubah, beberapa game perlu ini. silahkan di sesuaikan amakasus kamu. tapi penalti kecil atau bahkan ga ada sama sekali. oia, di pluginopenGL, setting ini otomatis disable/ga bisa diakses
  • EFB copy : Proses bikin dan kopi EFB, ada 2pilihan, EFB to texture yang akan mengkpi EFb sebagai texture dan EFB to RAMyang mengkopi EFB ke RAM sistem sebagai framebuffer object. dengan opsi To RAM,hasil jauh lebih baek, hampir semua efek dapat ditampilkan tapi lebih lambat,karena data harus didecode lagi sebelum dikirim ke VRAM. sedangkan to Textureakan lebih cepat, tapi beberapa akan mengalami masalah seperti efek yang nggamuncul, atau texture yang ngga muncul. sebagai default, aku saranin EFB toTexture, pindah ke EFB to RAM hanya jika game memerlukan
  • Enable cache : Bikin cache untuk EFB. hanya berlakuuntuk opsi EFB to RAM. jika data texture ga berubah, langsung pakai cache, jadibias memperisngkat waktu tanpa harus decode ketika data pindah dari RAM keVRAM. ada peningkatan kecepatan, tapi bisa bikin glitch juga. kalo perlu EFB toRAM coba aktifin cache ini, kalo ada glitch, baru matiin
  • Accurate texture cache : tracking textureberdasarkan value pixel dari texture, sehingga bisa menjadi lebih akurat tapiada performance hit. beberapa game butuh ini untuk bisa tampil dengan normal.ada 3 pengaturan, pengaturan cepat untuk hasil lebih cepat dengan lookup lebihsedikit (tapi ada potensi error) atau lookup lebih banyak yang lebih lambat tetapilebih aman. jika memang harus mengaktifkan opsi ini, coba pake opsi normal ajadulu. kalo muncul problem baru coba safe

Merubah Format game Wii Ciso/WBFS ke ISO

Jika anda mendownload game Wii dan mendapati formatgame tersebut berbentu Ciso/WBFS, maka game itu tidak akan dapat di mainkandengan emulator. Agar dapat memainkan game dengan format Ciso/WBFS kita harusmengconvert dahulu game tersebut ke dalam format ISO. Nah berikut alternatifcara mengconvert Filo Ciso/WBFS ke dalam Format ISO

Download softwarenya disini
Jalankan programnya dan pilih file game ciso yangingin di convert ke ISO lalu open.
Convert gamenya

Untuk file game yang sudah di convert, letaknyaberada dalam 1 folder game ciso terkait.

Dolphin Emulator Free Download

Sekian sob, semoga bermanfaat, semangat selalu dan jangan lupa komentarnya dan follow ya.
Wassalamualaikum wr.wb

1 comments:

Setelah baca silakan berikan komentarnya gan..
Terima Kasih telah berkunjung ke blog kami yang sederhana ini... Sukses selalu untuk semuanya!!

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...