Jumat, 20 Juli 2012

5 Cara Tidur Berkualitas

Assalamualaikum wr.wb.
Sob, setiap orang pasti butuh tidur dan sebagian orang pasti pernah merasakan susah tidur atau bahkan insomnia. Sebagian besar remaja membutuhkan sekitar 8 ½ sampai lebih dari 9 jam tidur setiap malam. Namun sekitar 1 dari 4 remaja memiliki masalah tidur. Kurangnya tidur dapat mempengaruhi emosi dan konsentrasi apalagi bagi seseorang yang sedang mengemudi yang membutuhkan konsentrasi penuh. Kurang tidur juga dapat mempengaruhi performa olahraga, meningkatkan kemungkinan kita sakit, dan dapat dikaitkan dengan kenaikan berat badan pada beberapa orang.
Bagaimana kita mendapatkan tidur yang kita butuhkan? Berikut adalah beberapa cara untuk memiliki tidur yang berkualitas:
  1. Aktif di siang hari. Agan mungkin telah melihat berapa banyak anak-anak kecil berlarian lantas mereka tidur nyenyak. Ikuti hal tersebut setidaknya 60 menit lari-lari kecil (jogging) sehari. Aktivitas fisik dapat menurunkan stress dan membantu orang merasa lebih santai. Hanya saja, jangan terlalu dekat dengan waktu tidur karena olahraga dapat membangunkan agan sebelum waktunya.
  2. Hindari alkohol dan obat-obatan. Banyak orang berpikir bahwa alkohol atau obat-obatan akan membuat mereka rileks dan mengantuk, tapi semua itu nonsense. Obat dan alkohol mengganggu tidur, meningkatkan kesempatan seseorang bangun di tengah malam.
  3. Katakanlah selamat malam untuk elektronik. Para ahli merekomendasikan menggunakan kamar tidur untuk tidur saja. Jika sobat tidak dapat membuat kamar tidur sobat zona bebas teknologi, setidaknya nonaktifkan semua gadget sobat minimal satu jam atau lebih sebelum lampu dimatikan.
  4. Jaga rutinitas tidur. Tidur pada waktu yang sama setiap malam membantu tubuh mudah untuk tidur. Menciptakan rutinitas tidur dapat meningkatkan efek relaksasi. Tidur yang kurang teratur tentunya tidak sehat dan dapat mengganggu kualitas tidur sobat. Jadi, usahakan buatlah sebuah rutinitas kapan sobat tidur.
  5. Mengharapkan tidur malam yang baik. Stres dapat memicu insomnia, sehingga semakin sobat menderita susah tidur, semakin besar risiko sobat akan terjaga. Sugestikan diri sobat untuk bisa tidur, Katakanlah, "Malam ini, saya akan tidur nyenyak" beberapa kali di siang hari. Hal ini juga dapat membantu untuk berlatih latihan pernapasan atau yoga sebelum tidur.
Setiap orang memiliki malam tanpa tidur sekali-sekali. Tetapi jika sobat secara teratur memiliki masalah tidur dan sobat pikir itu mempengaruhi suasana hati sobat atau kinerja, konsultasikan dengan dokter sobat.
Sekian info dari ane sobat. Semoga bermanfaat.
Wassalamualaikum wr.wb

0 comments:

Posting Komentar

Setelah baca silakan berikan komentarnya gan..
Terima Kasih telah berkunjung ke blog kami yang sederhana ini... Sukses selalu untuk semuanya!!

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...