Jumat, 13 Juli 2012

Cara Tradisional Mengatasi Flu dengan Cepat

Tips Mengatasi Flu dengan Cepat

Assalamualaikum wr wb..
Kali ini kita akan bahas tentang penyakit Flu dan tips - tips untuk mengatasinya, check this out yaa..

Flu memang tergolong penyakit ringan, tapi lama – lama terserang flu sangat mengganggu aktivitas juga lhoo, apalagi kalau hidung mampet, sakit ternggorokan, lemas, pokonya ganggu aktivitas banget.

Virus flu atau influenza ini sering menyerang pada pergantian musim, misal dari musim kemarau ke musim hujan atau ketika terjadi perubahan cuaca menjadi dingin. Virus flu ini mudah sekali menyebar karena penyebarannya melalui udara. Terus kenapa sih kita sering terkena flu?

Virus influenza ini, virus unik dan pintar karena virus ini dapat berubah – ubah bentuk sehingga tidak dapat dikenali oleh antibodi tubuh walaupun sudah pernah terserang. Selain flu yang disebabkan oleh virus, flu juga bisa diakibatkan oleh alergi misalnya alergi dingin. Kita dapat bedakan flu alergi dan flu virus dari jenis lendir yang keluar dari hidung, jika lendir bening dan cenderung encer biasanya akibat alergi, nah jika lendir berwarna agak kuning atau hijau dan agak pekat maka biasanya akibat virus atau bakteri.

Kalau kita terserang flu jangan buru – buru minum obat, karena banyak cara mencegah dan mengatasi flu. Bahkan mengunyah sepotong bawah putih juga dapat mencagah flu. Nah berikut ini ada beberapa tips nih untuk mencegah dan mengatasi flu secara alami 
  • Meniup hidung. Sebenarnya, ini udah lazim dan biasa kita lakukan. Kalau flu dan hidung tersumbat, kita dapat mengeluarkan lendir yang menyumbat dengan cara menekan satu lubang hidung kemudian tiup hidung satunya untuk membersihkan lendir. Membersihkan lendir ini bagus lho, untuk mencegah lendir masuk ke paru – paru.
  • Istirahat. Flu menyerang ketika sistem kekebalan tubuh melemah. Istirahat merupakan salah satu unsur penting dari penyembuhan karena akan mengembalikan sistem kekebalan tubuh, sehingga akan lebih mudah untuk mengatasi flu. Selain mempercepat penyembuhan, sekadar berbaring atau tidur di balik selimut sudah cukup untuk membantu menyehatkan tubuh.
  • Berkumur. Untuk tenggorokan, cobalah berkumur dengan air hangat dicampur dengan berbagai bumbu atau rempah-rempah. Misalnya, seperti dengan menambahkan garam mineral, teh raspberry, cuka apel, sage, jahe, dan kunyit. Lakukan empat kali sehari. Selain meringankan tenggorokan, juga membantu mengatasi flu.
  • Minum cairan hangat. Minum banyak air penting selama flu. Cairan hangat membantu mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang mengalami radang. Uap dari minuman panas juga membantu mengencerkan lendir.
  • Uap. Salah satu cara tradisional untuk mencegah dan mengatasi flu adalah dengan penguapan atau uap. Masukkan air panas ke dalam baskom dan tempatkan wajah di atasnya sementara tutup kepala Anda dengan handuk. Untuk hasil yang lebih efektif campur dengan rempah-rempah yang meringankan hidung dan tenggorokan, seperti minyak kayu putih, kunyit, dan jahe.
  • Menghirup mentol. Oleskan minyak kayu putih atau balsam bermentol dekat lubang hidung. Selain membuat hidung tersumbat jadi lebih baik, ini juga membantu mencegah iritasi kulit di sekitar lubang hidung.
  • Bantal tinggi. Ketika tidur, cobalah dengan posisi kepala lebih tinggi dari dada. Ini dilakukan untuk mengurangi pembentukan lendir. Cara terbaik dengan bantal ganda dan wajah menghadap langit-langit.
  • Menghirup bawang. Mencium bau bawang cukup efektif untuk mengatasi hidung tersumbat. Bawang sebagai katalis untuk mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung. Peganglah bawang di bawah hidung selama sekitar lima menit.
  • Makanan pedas. Capsaicin, senyawa kimia yang ada pada cabai, dapat membantu membersihkan rongga hidung. Ketika serangan flu, cobalah makan sup dengan taburan lada atau makan makanan pedas.

Langkah –langkah yang disebutkan di atas bisa membantu mengatasi flu. Sebelum minum obat atau pergi ke dokter, cobalah langkah alami untuk menyingkirkan flu yang menjengkelkan. Selamat mencoba dan semoga cepet sembuh buat yang lagi fluu...


1 comments:

  1. Hidung mampet menghilangkannya mudah sekali, bisa menggunakan air panas, dan bisa gunakan sambil minum, atau uap dari air panas tersebut. Dan tentunya sebaiknya istirahat dulu bila memungkinkan, apa lagi hindari dari sinar-sinar smartphone, bisa-bisa tambah pusing.

    BalasHapus

Setelah baca silakan berikan komentarnya gan..
Terima Kasih telah berkunjung ke blog kami yang sederhana ini... Sukses selalu untuk semuanya!!

 
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...